Sejarah Rumah RB

Sejarah

Hotel Rumah RB mulai dibangun Tahun 1967 oleh Ayahanda Rifai RB di lahan dengan luas sekitar 2500 M2. Awalnya diperuntukkan sebagai rumah tinggal untuk keluarga besar Rifai RB dan istri tercintanya Yulinar yang memiliki 14 orang putera-putri. Sebagian besar putera-putri Rifai RB dan Yulinar tumbuh dan besar sampai sekolah menengah atas di rumah yang beralamat di Jl. Dr. Sutomo No. 4B Simpang Parak Kerakah Kelurahan Marapalam Kecamatan Padang Timur Kota Padang.

Rumah tinggal ini sering disebut Rumah RB karena ada inisial huruf RB yang cukup besar di dinding bawah atap dan dapat dibaca dengan cukup jelas dari kejauhan. Inisial RB merupakan singkatan dari Rajo Batuah yang merupakan gelar adat suku minang dari Ayahanda Rifai RB setelah menikah yang artinya raja atau pemimpin yang memiliki tuah atau kesaktian yang bermanfaat buat banyak orang. Sehingga sebagian besar tetangga dan masyarakat sekitar lebih suka menyebutnya dengan nama Rumah RB.

Ayahanda Rifai RB merupakan seorang pengusaha dan pedagang furniture yang memiliki beberapa toko furniture di Pasar Raya Padang sejak tahun 1960-an. Seiring dengan perkembangan usaha perdagangan furniture yang meningkat pesat pada awal 1970-an, maka sebagian lahan Rumah RB yang cukup luas difungsikan sebagai bengkel atau workshop untuk produksi furniture rumah tangga yang akan dijual di toko furniture milik Rifai RB. Sebagian lahan juga digunakan untuk gudang bahan baku dan produk furniture jadi siap jual.

Sejak awal 1980-an sampai 1990-an, seiring perjalanan waktu sebagian putera-putri Rifai RB satu persatu mulai menempuh pendidikan tinggi di perguruan tinggi ternama seperti Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, Universitas Padjadjaran, Universitas Indonesia dan Universitas Andalas sehingga harus pergi dari rumah dan hidup indekos di tempat mereka kuliah. Sebagian lagi yang sudah sarjana setelah lulus dari Universitas Andalas memilih merantau ke Pulau Jawa untuk bekerja.

Rumah RB yang memiliki 10 kamar berikut beberapa bangunan bekas bengkel atau workshop secara bertahap mulai kehilangan penghuninya. Ayahanda Rifai RB dan Ibunda Yulinar mulai berpikir untuk menjadikan sebagian kamar yang ada sebagai kamar kost buat anak-anak mahasiswa yang kuliah di Kota Padang terutama perguruan tinggi yang lokasinya tidak jauh dari Rumah RB dengan tarif yang terjangkau. Ide untuk menjadikan kamar kost juga datang dari keinginan ibunda Yulinar untuk membantu anak-anak mahasiswa dari luar daerah dengan ekonomi yang pas-pasan karena beliau juga memiliki banyak anak-anak yang hidup kost di beberapa kota besar di Pulau Jawa.

Tahun 1992 sebagian kamar yang kosong mulai diperbaiki dan dilengkapi fasilitasnya untuk dijadikan kamar kost. Sebagian gudang dan bengkel atau workshop juga direnovasi dan dijadikan beberapa kamar kost. Total kamar kost yang dimiliki oleh Rumah RB adalah 20 kamar. Fasilitas pendukung seperti kamar mandi umum, toilet dan tempat cucian juga disiapkan. Pertengahan tahun 1992 tempat kost Rumah RB sudah resmi digunakan oleh para mahasiswa yang umumnya berasal dari daerah. Adanya usaha kost ini cukup membantu penghasilan keluarga.

Tahun 2003, ayahanda Rifai RB meninggal dunia karena serangan jantung dan stroke. Sejak ayahanda Rifai RB meninggal dunia, kesehatan ibunda Yulinar juga mulai terganggu karena penyakit diabetes sehingga beliau lebih sering tinggal di Bogor bersama anak-anaknya. Pengelolaan rumah kost diserahkan kepada putera bungsunya yang masih kuliah di Padang sehingga pengelolaan dan pemeliharaan usaha kost menjadi kurang optimal.

Tahun 2009 diputuskan untuk menutup usaha kost-kostan dan dilanjutkan dengan melakukan renovasi total terhadap seluruh bangunan rumah. Renovasi total dilakukan untuk mengembalikan kondisi fisik Rumah RB menjadi lebih baik dan berfungsi sebagai rumah tinggal yang nyaman buat ibunda Yulinar dan putera-puterinya jika pulang berlibur ke Padang terutama pada saat Hari Raya Lebaran.

Tahun 2011 bulan September, ibunda Yulinar meninggal dunia. Rumah RB yang sudah direnovasi total menjadi lebih banyak kosong tanpa penghuni. Sehingga dirancang ide untuk mengembangkan Rumah RB menjadi penginapan atau hotel. Usaha penginapan atau hotel dipilih dengan pertimbangan dapat menciptakan banyak lapangan kerja terutama untuk warga sekitar. Usaha penginapan dan hotel diperkirakan juga memiliki prospek yang baik mengingat perkembangan pariwisata di Sumatera Barat yang semakin baik. Usaha penginapan atau hotel dipilih juga karena sebagian besar putera-putri almarhum sudah berpengalaman dalam mengelola usaha perhotelan di Bogor.

Nama yang dipilih untuk hotelnya adalah Hotel Rumah RB. Nama ini dipilih dengan pertimbangan untuk mengingat asal-usul sejarah rumah dan lebih mudah diingat oleh banyak orang. Nama Hotel Rumah RB juga untuk mengabadikan nama almarhum ayahanda dan apresiasi terhadap seluruh kerja keras beliau seumur hidup dalam mendidik dan membesarkan seluruh anak-anaknya sehingga berhasil menjadi sarjana, master, doktor dan professor.

Hotel Rumah RB direncanakan mengusung konsep Eco Green Boutique Hotel, yaitu hotel butik yang memadukan layanan dan fasilitasnya dengan konsep yang berwawasan lingkungan, hemat energi dan mendukung konservasi alam. Konsep ini merupakan bagian dari komitmen manajemen dan pemilik untuk ikut berkontribusi dalam menjaga lingkungan yang lestari. Fasilitas yang akan disediakan untuk jangka panjang adalah : lobby/receptionist, kamar 60 unit, ruang rapat 2 unit, restoran 1 unit, cake/pastry shop 1 unit, kolam renang ukuran 8 x 15 m2, mushola, areal parkir 20 kendaraan, dapur, ruang laundry.

Pemegang Saham

Pemegang Saham

Erliza Hambali

Prof. Dr. Ir. Erliza Hambali, Msi

    Yenti Rifai

    Ir. Yenti Rifai

      Herry Gerey

      Herry Gere, SE

        Indra Rivai

        Indra, SSos

          Erdayeni

          Ir. Erdayeni

            Rafian Joni

            Dr. Ir. Rafian Joni, MM

              9.Rudi Permana

              Rudi Permana, ST

                10.Risman Riadi2

                Risman Riadi SP

                  11.Yessi Leoni

                  Yessi Leoni, SSos

                    Rina Riesta

                    Ir. Rina Ariesta

                      13.mira rivai

                      Dr. Ir. Mira Rivai, Msi

                        14.nila2

                        Ir. Nila Rifai, MM

                          15.wenni rivai

                          Wenni Rifai, SH

                            16.Benni Rivai

                            Benni Rifai, SE

                              Management

                              Management

                              Herry Gerey

                              Herry Gere, SE

                              Komisaris Utama

                                9.Rudi Permana

                                Rudi Permana, ST

                                Komisaris

                                  8.Rafian Joni3

                                  Dr. Ir. Rafian Joni, MM

                                  Direktur Utama

                                    6.Indra2

                                    Indra, SSos

                                    Direktur Operasional

                                      15.wenni Rivai2

                                      Wenni Rifai, SH

                                      Direktur Keuangan

                                        Benni-Rivai

                                        Benni Rifai, SE

                                        General Manager

                                          Operational

                                          Operasional

                                          Erliza-Dwiyanti

                                          Erliza Dwi Yanti

                                          Cook

                                            Aldi

                                            Aldirat Senjari

                                            Supervisor

                                              Yudi

                                              Yudi Cancera

                                              Supervisor

                                                Yofi

                                                YopiAzwir

                                                  Hendra

                                                  Hendra Eka Putra

                                                    Roki

                                                    Roki Ananda Putra

                                                      wiwik

                                                      Wiwik Sri Rahayu

                                                        Aga

                                                        Aga Devita

                                                          ghasan

                                                          Ghasan Taufiqulhaq

                                                            Herman

                                                            Herman

                                                            Securiti